PT.Corsa Industries

Farmakologi :

Madecassol adalah regulator pembentukan serabut kolagen dalam sel fibroblast, dengan cara mempengaruhi fiksasi proline, alanine dan hidroksi proline yaitu asam amino yang berperan dalam pembentukan serabut kolagen tipe I dan tipe III, yaitu kolagen yang banyak terdapat pada kulit dan pembuluh darah. Dengan pengaturan ini maka pembentukan serabut kolagen yang kurang (hipotropik) maupun yang berlebih (hipertropik) dapat dihindari. 
Sebagai wound healing agent, madecassol dapat membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut yang baik secara kosmetika.

Farmakokinetik :
Setelah diminum, Madecassol tablet akan diabsorbsi dengan lambat dan mencapai kadar puncak dalam plasma dalam waktu 4 jam dan menurun selama tidak kurang dari 72 jam.
Distribusi mengikuti siklus enterohepatic tanpa retensi hepatic maupun retensi renal.
Indikasi :
Sindroma prevaricosis, nyeri, pegal-pegal dan kram pada malam hari, terapi menyeluruh pada venus insuffiency idiopatik kronis, varicosis ulcer, kutis tropis, hemorrhoid, selulit, post-op, luka bakar
Efek samping :
Tidak ditemukan efek samping pada dosis yang dianjurkan.
Interaksi obat :Tidak ditemukan adanya interaksi terhadap obat lain. Pada masa kehamilan dan laktasi : Studi yang dilakukan terhadap hewan tidak menunjukkan efek samping apapun, namun demikian sebagaimana berlaku untuk semua obat,maka dihindari penggunaannya pada trisemester I
Dosis :
Topikal : Oleskan 1-2 x sehari, setelah luka dibersihkan.
Oral : 3 x 1- 2tablet/hari. Kombinasi dgn antibiotic dapat dilakukan.

  • 08 Oct 2013